Peserta dari Bali Siap Ramaikan Tour de Borobudur

By Abdi Satria


nusakini.com-Denpasar-Belasan orang tampak mengangkut koper berukuran besar menuju loket bagasi di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Jumat (1/11). Bukan koper biasa karena kotak itu berisi sepeda gunung. 

Ya, sebanyak 14 orang dari Barong Cycling Club berangkat dari Bali menuju Semarang untuk mengikuti Tour de Borobudur XIX, yang berlangsung 2-3 November besok. Sepeda yang akan mereka gunakan, di-packing sedemikian rupa sehingga bisa masuk ke bagasi pesawat.

Ketua Barong Cycling Club Angel mengungkapkan, event Tour de Borobudur menarik minat mereka karena tantangan yang ditawarkan. Salah satunya rute dengan medan yang penuh keindahan alam.

“Challenge-nya itu yang menarik. Tour ini dilakukan selama dua hari, padahal biasanya cuma sehari. Dari Semarang kita ke Solo (De Tjolomadoe), kemudian ke Borobudur. Kami akan melanjutkan ke Dieng,” bebernya saat ditemui di Bandara Ngurah Rai.

Ditambahkan, bersepeda memang tak hanya dilakukan dia bersama rekan komunitas di wilayah Bali. Setidaknya, tiga kali setahun mereka mengikuti event luar provinsi. Tahun ini mereka pun memilih bersepeda ke Borobudur.

“Apalagi besok katanya juga ada Pak Ganjar,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Balin, anggota Barong Cycling Club. Menurutnya, bersepeda ke luar provinsi menjadi cara mereka untuk refresing. Padahal, usia mereka kebanyakan sudah lebih dari 50 tahun.

“Bersepeda itu menyenangkan dan menyehatkan. Kalau lari kan tumpuannya di kaki. Kalau bersepeda semuanya kena, bahkan kakak saya yang punya masalah di kaki, sembuh dengan bersepeda,” beber pria yang menekuni olahraga sepeda sejak lebih dari 15 tahun lalu .

Tak hanya dari Bali, Jumat (1/11/2019) siang sejumlah peserta dari provinsi lain juga terlihat berdatangan di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Salah satunya, Tika dari Polres Ambon. Rombongan mereka berjumlah 11 orang.

“Kami bersebelas ikut Tour de Borobudur. Senang sih karena saya juga senang bersepeda,” tandas Tika.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 1.700 pesepeda baik lokal maupun mancanegara telah mencatatkan diri meramaikan kegiatan Tour de Borobudur, yang digagas komunitas sepeda Samba Bikers Semarang itu.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng, Sinoeng R Rachmadi mengatakan, rute Tour de Borobudur akan menyinggahi enam objek wisata di Jawa Tengah mulai dari start.

Pada etape pertama, mengambil start pukul 05.30 dari Gereja Blenduk Semarang-Alun-alun Demak-Api Abadi Mrapen-Balaikota Salatiga dan finish di De Tjolomadoe Karanganyar dan diikuti 500 peserta. 

Pada etape kedua, start dari De Tjolomadoe Karanganyar-Komplek Candi Prambanan, dan finish di Komplek Candi Borobudur. 

“Peserta Tour de Borobudur selalu bertambah dari tahun ke tahun, karena selalu menawarkan pengalaman rute-rute baru dan tantangan di setiap etapenya,” katanya.(p/ab)